Yayasan Sosial Atma Jyothi

Umat Hindu di Asia Ikuti Pensucian Kuil Maha Samprokshana Puspam di Medan

 
Sekira 700 orang umat Hindu dari perwakilan negara-negara Asia khususnya  asal  India, Malaysia dan Singapura mengikuti ritual suci berupa pensucian Kuil Maha Samprokshana Puspam di Shri Balaji Venkateshwara Kuil, Jalan Bunga Wijaya Kusuma Padang Bulan Pasar IV Medan.
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan, Busral Manan, mengatakan, cukup merespon sekaligus mendukung terhadap acara ritual umat Hindu ini. Karena satu hal sangat erat adanya kunjungan wisatawan yang datang ke Medan pada saat bersamaan, yakni sebanyak 700 orang yang berasal dari 3 negara seperti India, Malaysia dan Singapura.
 
“Saya mendukung sekali  ini, karena kaitannya dalam kunjungan wisata yang datang ke Medan, ini berdampak positif juga pada investasi yang didapat dari ini, mereka akan meninap di hotel-hotel yang ada di Medan, kuliner yang kita punya yang tentunya enak dan enak sekali. Jadi ini salah satu program kita dalam Visit Medan Year 2012,”  ujar Busral yang didampingi Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan, Agus Suriyono, Kamis (2/2/2012) di kedatangan luar negeri Bandara Polonia Medan, terkait penyambutan rombongan asal Malaysia untuk acara pensucian kuil ini.
 
Ditambahkan Busral kembali, pemerintah kota (Pemko) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Medan berharap setelah acara ritual yang berlangsung selama 6 hari atau sudah dilakukan sejak 29 Januari dengan puncak acara pada Jumat (3/2) malam sekira pukul 21.30 WIB itu , akan berlanjut mengunjungi beberapa titik lokasi wisata di Kota Medan.
 
“Kita berharap setelah ritual ini, akan berlanjut  mengunjungi beberapa lokasi wisata yang cukup terkenal di Medan seperti  Istana Maimon, Mesjid Raya, kediaman Tjong Afi dan lainnya, karena ini yang pertama bagi kita (berkenaan dengan Visit Medan Year 2012),”  tandasnya.
 
Sementara,  Drs R Gopalkrisna Naidu SH selaku Wakil Ketua Panitia Pensucian Kuil Maha Samprokshana Puspam di Shri Balaji Venkateshwara Kuil, menjelaskan, kehadiran sebanyak 150 orang perwakilan umat Hindu asal Malaysia yang dipimpin  Wijay dan Kanan atau Suba Thina Thayalan Naidu, semakijn menumbuhkan semangat pensucian itu.
 
Selain, lewat kunjungan mereka itu, turut mendukung program Pemko Medan melalui Visit Medan Year 2012.”Ini acara pensucian pertama bagi kita di Medan, sekaligus memeriahkan berdirinya Kuil Wisnu terbesar di Asia Tenggara, jadi selain akan mendatangkan warga asing (untuk wisata ritual) dalam jumlah besar ke Medan, juga memacu kerjasama kita dalam program Visit Medan Year tahun ini,”ucap Krisna yang didampingi Jaya Manan yang juga merupakan salah satu pendiri kuil sejak tahun 1997 bersama-sama Thirumal dan Dus Kubala MBA.
 
Gopalkrisna yang juga turut hadir pada penyambutan rombongan umat Hindu asal Malaysia di Bandara Polonia, Kamis (2/2) sore,  acara puncak besok (jumat 3/2) sudah dimulai sejak pukul 05.00 WIB sampai dengan sekira pukul 21.30 WIB, dilakukan percikan air suci diatas gobrom,”Nah, bagi kita umat Hindu, satu titik saja terkena air suci tersebut, itu bermakna suci lah diri kita,”tandasnya.

Vannakkam

Selamat datang di Website Yayasan Sosial Atma Jyothi. Website ini dikembangkan dengan tujuan untuk menjadi wadah komunikasi dan pengembangan kegiatan sosial, agama dan budaya Hindu Tamil di Indonesia. Website ini dilengkapi dengan forum yang dapat digunakan sebagai sarana diskusi. Website ini juga menyediakan sarana untuk berbagi informasi lowongan pekerjaan. Kami mengharapkan berbagai saran dan masukan untuk pengembangan website ini yang dapat disampaikan melalui Contact Us.

Login Form

Update Data Masyarakat

Lowongan Kerja