Yayasan Sosial Atma Jyothi

Shri Rama Navami

Dihimpun oleh Bapak N S Raja (Jakarta)

 

Negara atau Kerajaan Kosal terletak di tepi sungai Sharayu. Selama masa pemerintahan raja Dasaratha, Ayodhya mencapai masa kemakmuran besar. Namun, Dasaratha menghadapi masalah besar - ia tidak punya anak dan karenanya ia takut tiada yg dapat mewarisi kerajaan dari Ikshvaku Kula.

 

Dalam keadaan demikian, sesuai saran Resi Vasistha, Dasaratha memutuskan untuk melakukan acara pengorbanan yang dikenal dgn sebutan "Ashvamedh", atau pengorbanan kuda bagi perolehan Puthra Kamesti Yagna.  Ritual yang rumit dan sulit itu dilakukan oleh Maharesi Rishyashringa. di depan api pengorbanan (homa kund)  dimana para dewa, Gandharva, Siddha, dan para Resi hadir dan turut berdoa kepada Dewa Brahma untuk memenuhi tujuan mulia dari persembahyangan tsb.

 

Pada saat itu, Rahwana, raja di Lanka mengancam dan meneror masyarakat. Hal ini membuat semua orang merindukan pembebasan. Rahwana sbg pemuja Dewa Shiva tak terkalahkan, apalagi Brahma memberinya anugerah bhw  ia tidak akan mati di tangan para dewa, Gandharva, Yaksha atau demon, tapi seorang laki-laki yg suci dan agung.


Ketika upacara berakhir, sosok bersinar muncul dari api pengorbanan dan  ia adalah Yagneshwara yang  memberi Dasaratha makanan suci  "payasam (kheer)" untuk kemudian diberikan kepada para ratu, isteri2 Dasaratha, yaitu Kausalya, Kaikeyi, dan Sumitra.

Pada bulan Chaitra, di hari kesembilan yang cerah, Kausalya dan Kaikeyi, masing-masing melahirkan Rama, dan Baratha, sementara Sumitra melahirkan bayi kembar yg diberi nama Lakshmana dan Shatrugna. Rama diyakini sebagai perwujudan setengah derajat keilahian Wisnu, (Ardha Ounsh). Rama juga adalah inkarnasi Vishnu yg ketujuh, yg lahir karena keinginanNya sendiri di  Bhuloka (Earth) ketika adharma merajalela.

 

Kelahiran Rama, termasuk perkawinannya dengan Sita, diperingati sebagai Rama Navami, dengan berbagai kemegahan. Rama Navami jatuh pada hari ke-9 shukla paksha, atau fase bulan yg cerah di bulan Chaitra (April-May), dimana diketahui bahwa hari pertama Chaitra atau Ugadi juga menandai awal tahun baru di India.  Selama periode ini, para bhaktas berpuasa tidak untuk meminta sesuatu yang khusus, namun untuk mencari kesempurnaan sebagai manusia, melakukan pembacaan Ramayana (pārāyaanaas) dan teks suci Hindu – melafalkan himne Ramayana dgn memuliakan nama Shri Rama (Rāmrakshā-Stotra), dan menyanyikan lagu-lagu pujian bhajan-Kritan. Pada hari kesembilan, di sore hari, sebuah wacana spiritual ttg kelahiran Shri Rama diceritakan oleh para pendeta.

 

Rama sbg anak pertama dari empat putra Raja Dasaratha, ketika tiba waktunya dianugerahkan mahkota kerajaan untuk menjadi raja, ibu tirinya, Kaikeyi, mengirim Rama ke hutan selama 14 tahun. Istri Rama yaitu Sita dan adik Rama yaitu Lakshmana menemaninya ke hutan. Sita ketika berada di hutan diculik oleh Rahwana yg berasal dari Lanka. Rama, bersama dengan Hanoman dan bala tentara monyet membangun sebuah jembatan ke Lanka. Dalam pertempuran yg dahsyat, dan sengit, Rama dpt melenyapkan Rahwana, dan membawa kembali Sita ke Kerajaan Kosal.

 

Diyakini  bahwa mendengarkan kisah Rama (Ramayana) membersihkan jiwa. Merenungkan nama Rama yg mulia dan menyebut namanya dipercayai dpt meringankan penderitaan hidup dan membawa manusia mencapai  moksha.

Kehebatan kisah Ramayana digambarkan oleh Valmiki dalam bhs Sanskrit, diteruskan oleh Tulsidas dalam bhs Hindi, Kamban dlm bhs Tamil, Ramanujan dlm bhs Malayalam,  Krittivasa dlm Bengali dan Madhav Kambali dalam bhs Assamia.

 

Festival  Ramayana yang diperingati luas di India baik oleh Vaishnavite, Saivite dan Smarthis ini dilakukan dlm skala besar dan agung di tempat-tempat suci yang berhubungan dengan Rama, seperti Ayodhya dimana ribuan org akan mandi di sungai suci Sarayu,di  Ujjain, persembahyangan di Sita Samahit Sthal (Sitamarhi) di Bihar, di kuil Sitarama di Bhadrachalam, Andhra Pradesh. Sementara itu, di Rameshwaram, Tamil Nadu, ribuan umat melakukan ritual mandi di laut sebelum menuju kuil Ramanathaswamy.

 

Kelahiran Rama yang dikenang karena pemerintahannya yang sejahtera dan adil luas disebut dengan istilah Ramrajya (pemerintahan Rama) yg identik dengan periode perdamaian dan kemakmuran. Dalam konteks ini, org mengingat Rama yg menyebutkan “Janani janmabhoomischa swargaadapi garreyasi” yg berarti ibu dan negara bagi Rama adalah lebih agung daripada surga. Mahatma Gandhi juga menggunakan istilah Ramrajya untuk menggambarkan bagaimana seharusnya India tampil setelah kemerdekaan, apalagi Rama diyakini sbg pemersatu yg pertama atas seluruh India/Bharata.  Bhajan oleh Gandhi yg menjadi terkenal di seantero India hingga kini berjudul Raghupati Raghava raja Ram, patita paavana Sita Ram.

 

Rama juga disebut sbg uttama purusha, lambang kesempurnaan, yg memenuhi semua tugasnya baik pada keluarga, maupun kerajaan. Rama merupakan seorang anak, seorang raja, seorang suami dan seorang abang yg ideal. Rama juga disebut sbg Maryaada-Purushottama – yg berarti seorg yg agung yg tidak pernah melenceng dari norma yang ada di dalam Dharma.

 

Para umat juga mengingat Rama memeluk Guha, raja di hutan dan makan di gubuknya tanpa suatu keraguan. Rama juga menikmati buah yg dicoba dulu rasanya oleh nenek Shabari di hutan selatan India.

 

Perayaan Ramnavami dimulai dengan doa kepada matahari pada pagi hari, kemudian suatu doa khusus pada tengah hari, mengintat waktu kelahiran Rama. Di India Utara khususnya, diselenggarakan sebuah acara yang menarik yg disebut Rathyathra, dimana pada satu kereta (rath) ada empat orang yang masing2 berpakaian seperti Rama, saudaranya Laxman, isteri Rama yaitu Sita, dan muridnya Hanuman. Kereta itu disertai oleh beberapa orang lain yg berpakaian prajurit. Prosesi ini menggambarkan hari-hari bahagia dalam pemerintahan Rama.

 

Memperhatikan bahwa Rama lahir di siang hari di bawah cahaya matahari yg terang benderang, matahari kemudian dianggap sbg progenitor dinasti Rama dan Rama disebut berasal dari Raghukula atau Raghuvamsa. Raghu berarti matahari dan Kula atau Vamsa berarti bangsa atau keturunan/ keluarga. Rama juga dikenal dgn nama-nama Raghunatha, Raghupati, Raghavendra, dll. Memperhatikan semua nama yang dimulai dengan awalan Ra maka hal itu jelas dikaitkan  dengan apresiasi yg dilakukan pada bhakta terhadap matahari.

 

Orang Mesir kuno umpamanya menyebut matahari Amon Ra atau hanya sebagai "Ra." Dalam bahasa Latin suku kata Ra digunakan untuk berkonotasi cahaya. Sebagai contoh, ada kata radiance yang berarti emisi cahaya, atau radium yang berarti zat memancarkan cahaya atau kecemerlangan. Unsur umum di kesemuanya itu adalah Ra, suku kata yang dalam banyak bahasa digunakan untuk menggambarkan matahari atau cahaya.

 

Mantera ‘Rama = Ra Ma’ disebut juga sbg Thaaraka mantra yg merupakan kombinasi  'Namasivaya mantra' dan 'Om Namo Narayanaya maha mantra' yg melambangkan penyatuan unsur Shiva dan Narayana. Mantera  Rama yg popular lainnya adalah "Shri Ram, Jai Ram Jai Jai Ram." Di bawah ini terdapat dua mantera lainnya:

 

Rama Mantra
Neelambhuj shyamalkomlang Sita Samaropitvambhagam
Pano Mahasaikacharoochapam
Namame Ramam Raghuvanshnatham

Rama Gayatri Mantra
Om Daserathaya Vidhmahe
Sita Vallabhaya Dheemahe
Thanno Rama Prachodayath.

 

Tidak mengherankan mengapa dalam sejarahnya ternyata cerita  Shri Rama telah menyeberang lautan dan perbatasan serta menginsipirasi banyak orang, termasuk mereka yg berada di wilayah Asia Tenggara, juga Indonesia. Di Indonesia, Rama dan Sita (Sinta) lebih diagungkan sbg ikon standar budaya yg agung. Indonesia juga telah menunjukkan kehebatannya dengan menyelenggarakan drama panggung Ramayana terbesar di dunia dan juga melaksanakan festival Ramayana sedunia.

 

Demikian, sedikit catatan kami yg sangat sederhana dlm rangka perayaan Shri Rama Navami yang jatuh pada tanggal 19 April 2013.

Shri Ram, Jai Ram Jai Jai Ram

Vannakkam

Selamat datang di Website Yayasan Sosial Atma Jyothi. Website ini dikembangkan dengan tujuan untuk menjadi wadah komunikasi dan pengembangan kegiatan sosial, agama dan budaya Hindu Tamil di Indonesia. Website ini dilengkapi dengan forum yang dapat digunakan sebagai sarana diskusi. Website ini juga menyediakan sarana untuk berbagi informasi lowongan pekerjaan. Kami mengharapkan berbagai saran dan masukan untuk pengembangan website ini yang dapat disampaikan melalui Contact Us.

Login Form

Update Data Masyarakat

Lowongan Kerja