Yayasan Sosial Atma Jyothi

Arca Dewa Murugan Tertinggi di Indonesia itu Ada di Langkat

 Gambar reflika Arca Dewa Murugan, Selesai Langkat

Masyarakat Kabupaten Langkat, Sumatera Utara khususnya umat Hindu sangat pantas merasa bangga, karena di daerahnya berdiri Arca Dewa Murugan dengan tinggi 55 kaki atau sekitar 17 meter yang menjadi arca tertinggi di Indonesia, bahkan menjadi yang kedua di dunia setelah arca serupa di Batu Gape Malaysia sekarang telah kokoh berdiri.

Dan yang lebih membanggakan lagi, ternyata berdirinya arca yang dibangun setahun lebih dengan melibatkan pekerja dan bahan lokal itu, berada di Gang Ibadah Desa Padang Cermin, Langkat atau sekitar 35 Km dari Kota Medan. Dan ternyata dibangun secara pribadi oleh keluarga besar R.K Sanggar Linggam yang benar-benar merasakan mendapat pertolongan sangat luar biasa dari Dewa Murugan yang menjadi salah satu Dewa dalam agama Hindu ini.

Patung tertinggi kedua di dunia itu akan diresmikan, Minggu (28/10 besok dengan perayaan cukup megah. Juga dihadiri tokoh penting seperti Plt Gubsu yang diwakili Sekda Provsu H Nurdin Lubis, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, Ketua DPRDSU H Saleh Bangun, Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu, Bupati Deli Serdang H Amri Tambunan, Walikota Binjai H Idaham, unsur Muspida dan undangan lainnya.

Juga Tokoh penting Hindu, seperti Dirjen Agama Hindu Kementerian Agama, Ketua PHDI Pusat Mayjen (Purn) TNI S.N Suwisma, Ketua WHDI Pusat, tokoh agama Hindu dari berbagai daerah dan undangan dari mancanegara, seperti Malaysia, Singapura dan India.

Putra bungsu RK Sanggar Linggam, S Siwaji Raja ST kepada penulis mengisahkan sangat banyak hal atau kejadian menakjubkan dalam kehidupan keluarganya, sehingga sangat mengagungkan Dewa Murugan.

Orang Tua Sakit

Ketika orang tua mengalami sakit parah ketika berusia 50 tahun dan telah berobat ke berbagai tempat, namun tak kunjung sembuh. Bahkan dokter sempat mengklaim bahwa usia orang tuanya tidak akan lebih dari tiga hari lagi. 

"Dan mukjizat pun datang. Ketika itu orang tua bermimpi bertemu dengan Dewa Murugan ternyata sembuh bahkan masih diberi kesehatan di usia 73 saat sekarang ini," kenang Raja.

Karena pengalaman luar biasa itu, maka R.K Sanggar berniat untuk mendirikan Arca Dewa Murugan di tanah kelahirannya. Dan niat itu dapat terealisasi lebih 20 tahun kemudian. 

Dapat melaksanakan cita-cita luhur ini sangat membahagiakan keluarga besar R.K Sanggar Linggam, ucapnya.

Dijelaskan Riwaji Raja yang menjadi bungsu dari empat bersaudara itu, keyakinan yang sangat kuat kepada Dewa Murugan itu juga dirasakan seluruh anaknya. "Saya sendiri mengalami banyak hal luar biasa," ungkap Raja dan menceritakan bangkit setelah sempat jatuh karena kuatnya keyakinan dan meyakini keagungan Dewa Murugan ini.

Keberadaan Arca Dewa Murugan yang akan menjadi salah satu ikon religi di Kabupaten Langkat khususnya dan Sumatera Utara bahkan Indonesia umumnya, berdampingan dengan Sri Raja Rajeswari Amman Kuil yang dibangun orang tua RK Sanggar Linggam tahun 1824 lalu. Bahkan kuil yang dipugar kembali tahun 1983 ini merupakan kuil pertama termegah di tanah air ketika itu.

Sumber: www.analisadaily.com

 

Vannakkam

Selamat datang di Website Yayasan Sosial Atma Jyothi. Website ini dikembangkan dengan tujuan untuk menjadi wadah komunikasi dan pengembangan kegiatan sosial, agama dan budaya Hindu Tamil di Indonesia. Website ini dilengkapi dengan forum yang dapat digunakan sebagai sarana diskusi. Website ini juga menyediakan sarana untuk berbagi informasi lowongan pekerjaan. Kami mengharapkan berbagai saran dan masukan untuk pengembangan website ini yang dapat disampaikan melalui Contact Us.

Login Form

Update Data Masyarakat

Lowongan Kerja